Thursday, May 10, 2018

Panda Tidak Lagi Terancam Punah

Dalam menyambut kabar baik bagi satwa liar yang terancam di dunia, panda raksasa baru saja diturunkan Tingkat keberadaanya dari 'Terancam Punah' menjadi 'Rentan' dalam daftar global spesies yang berisiko kepunahan, hal ini menunjukkan bahwa pendekatan terpadu dapat membantu menyelamatkan hilangnya hewan langka di planet kita.

Persatuan Internasional untuk Pelestarian Alam (IUCN) mengumumkan perubahan positif terhadap status resmi panda raksasa, dalam Daftar Merah Spesies Terancam, menunjuk ke kenaikan 17% dalam populasi dalam beberapa dekade terakhir ini hingga tahun 2014, ketika sensus nasional menemukan 1.864 panda raksasa di alam liar di Cina.

“Selama lebih dari 50 tahun, panda raksasa telah menjadi ikon konservasi yang paling dicintai dunia serta menjadi simbol WWF. Mengetahui bahwa panda kini selangkah lebih jauh dari kepunahan adalah momen yang menggairahkan bagi semua orang yang berkomitmen untuk melestarikan satwa liar dunia dan habitatnya, ”kata Marco Lambertini, Direktur Jenderal WWF.

"Kenaikan populasi panda menunjukkan bahwa ketika ilmu pengetahuan, kemauan politik dan keterlibatan komunitas lokal bersatu, kita dapat menyelamatkan satwa liar dan juga meningkatkan keanekaragaman hayati," tambah Lambertini.

Sementara status panda telah meningkat, spesies lain berada di bawah ancaman yang meningkat, termasuk gorila Timur yang sekarang terdaftar sebagai terancam punah, levelnya naik satu langkah mendekat dari kepunahan, terutama karena perburuan.

Logo panda WWF dirancang oleh ketua pendiri organisasi, pelukis naturalis dan pelukis Sir Peter Scott pada tahun 1961. Dua puluh tahun kemudian, WWF menjadi organisasi internasional pertama yang bekerja di Tiongkok.

Sejak saat itu, WWF telah bekerja dengan pemerintah untuk berinisiatif menyelamatkan panda raksasa dan habitatnya, termasuk membantu membangun jaringan terpadu bagi panda dan koridor satwa liar untuk menghubungkan populasi panda yang terisolasi. serta bekerja dengan masyarakat setempat untuk mengembangkan mata pencaharian yang berkelanjutan. dan meminimalkan dampaknya pada hutan.

Upaya ini telah melihat jumlah cadangan panda melonjak menjadi 67, yang sekarang melindungi hampir dua pertiga dari semua panda liar. Mereka juga membantu melindungi sebagian besar hutan bambu pegunungan, yang melindungi spesies lain yang tak terhitung jumlahnya dan memberikan layanan alami kepada sejumlah besar orang, termasuk puluhan juta yang tinggal di sepanjang sungai di hilir habitat panda.

Panda Tidak Lagi Terancam Punah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sur

0 comments:

Post a Comment