Thursday, May 10, 2018

Musuh-musuh Panda Di Alam Bebas


Seekor panda dewasa berukuran sama dengan beruang hitam amerika. termasuk ukuran yang cukup besar dibandingkan hewan buas lainnya. Dengan ukuran dan kekuatan yang besar manjadi efektif sebagai pelindung diri mereka.

Anak panda adalah sasaran yang empuk bagi para predator, jadi sang induk hari siaga setiap saat untuk menjaga anaknya. Beberapa hewan pemangsa yang kerap menculik anak-anak panda adalah:

Macan tutul salju

Hewan ini sangat cerdik dalam mencari mangsa. Biasa mereka mencari titik lemah hewan buruan, panda yang sudah tua dan bayi panda juga menjadi target kucing kuat ini. Tapi macan tutul salju tidak akan berani menyerang anak panda di hadapan induknya yang sehat dan sangat protektif

Memang, film animasi tahun 2008 Kung Fu Panda menceritakan kisah Po, seorang panda yang merupakan pembuat mie magang dan penggemar fanatik kung-fu, dan musuh terbesarnya adalah Tai Lung: seekor macan tutul berkelahi salju yang ganas.


Dalam kehidupan nyata, macan tutul salju, yang juga terancam punah. Mereka tinggal di habitat yang sama dengan beruang hitam dan putih dan menimbulkan ancaman bagi panda muda.

Serigala

serigala tidak mungkin menyerang panda dewasa yang sehat, namun mereka lebih memilih untuk menargetkan yang muda atau lemah. Mereka memiliki metode serangan yang brutal. Menurut website Pandas Live On, keterampilan berburu yang unik ini menggunakan teknik penyerangan yang menakutkan.

Anjing Liar

Jumlah mereka di alam bebas sangatlah banyak, bahkan bisa menyerang panda dewasa. tapi, mereka hanya berani menyerang pnda dewasa yang sekarat dan yang masih muda yang rentan serta tak berdaya.

Manusia

Sungguh ironis mengetahui manusia menjadi ancaman bagi panda, hal ini disebabkan perkembangan teknologi yang pesat, yang melibatkan perluasan  pertanian, penebangan, perluasan perkotaan, dan pengembangan tenaga air dalam habitat alami panda menghancurkan ruang dan sumber daya yang sangat dibutuhkan panda. 

 Menurut WWF (World Wildlife Found). Tindakan manusia sehari-hari telah memberikan kontribusi besar terhadap status terancam punah pada panda. Terlebih perburuan dan perdagangan ilegal bulu panda juga menunjukkan peran manusia sebagai musuh terbesar panda.

Musuh-musuh Panda Di Alam Bebas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sur

0 comments:

Post a Comment