Wednesday, May 9, 2018

Cara Berkembangbiak Panda

Setiap hewan memiliki cara berkembang biak berbeda-beda, seperti kura-kura yang bertelur dipantai lalu ditinggal pergi berlayar hampir sama dengan buaya, ada yang melahirkan terus dijaga layaknya hewan mamalia yang akrab dengan manusia; kucing, anjing, sampai tikus.

kali ini kita akan membahas perkembang biakan panda. mulai dari masa kawin, masa melahirkan, masa mengasuh hingga sang pendatang baru panda siap hidup sendiri tanpa bantuan induknya.

Panda berkembangbiak dengan cara kawin kemudian melahirkan. Musim pembiakan untuk panda betina terjadi hanya sekali setahun, dalam rentang 24-36 jam untuk pembuahan.  Uniknya panda betina yang sudah kawin hanya mengalami 85-105 hari saja selama masa buntingnya. Baru kemudian bayi pada dilahirkan. 

Panda kecil termasuk hewan yang manja, tepat setelah dilahirkan bayi panda berukuran sangat kecil, yakni sebesar tikus dewasa. itupun belum memiliki gigi serta bulunya yang lucu kelak jika dewasa.

Tahap perkembangan panda mencapai 120 hari untuk dapat memiliki bulu serta gigi yang lengkap.Beriku ane sajikan gambar perkembangan panda dari mulai umur seminggu.


Umur seminggu belum kelihatan lucunya.

Umur 25 hari, terlihat masih sama cuma ukurannya saja yang bertambah besar.

umur 40 hari, siapapun jadi ingin memiliki

Umur 90 hari, masih dalam proses pengenalan alam seandainya hidup dihabitat aslinya.

Teng-teng, Panda berumur 120 hari, sudah siap menghabiskan berkilo2 banbu tiap harinya.

Kebayang gak? jika panda hidup di alam liar? Betapa sulitnya Si Induk merawat bayinya. bayi panda hanya berukuran 1/900 dari induknya, belum lagi jika ancaman datang dari predator2. terlebih panda termsuk hewan yang lugu dikarenakan ukuran otaknya hanya sebesar kepala kalkun. 

Makanya dengan adanya penangkaran Panda di kebun binatang, menjadi keberkahan sendiri bagi kita juga panda. panda dalam penangkaran bisa hidup lebih dari 30 tahun 10 lebih banyak dari usia panda di alam bebas. juga panda tak perlu khawatir dengan adanya gangguan-gangguan dari para pemangsa yang hendak memakan anaknya. 

Semoga panda tetap lestari hingga anak cucu kita. Tetap Semangat Seluruh penangkaran panda didunia yaa..

Cara Berkembangbiak Panda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sur

0 comments:

Post a Comment