Monday, May 14, 2018

Habitat Panda Di Dunia


Setiap hewan memiliki Habitat asli sebelum dirawat dikebun binatang, kali ini penulis akan membeberkan beberapa wilayah yang menjadi habitat panda di belahan dunia.

Panda pernah tersebar luas di seluruh China selatan dan timur, serta Myanmar dan Vietnam utara yang berdekatan.

Namun karena perluasan populasi dan perkembangan manusia, spesies ini sekarang hanya menempati sekitar 20 hutan bambu isolasi yang terpisah di enam pegunungan provinsi Sichuan, Shaanxi dan Gansu di China.

Sebagian besar panda liar hidup di pegunungan Minshan dan Qinling. Dan di sinilah WWF (organisasi perlindungan hewan langka) telah memfokuskan pekerjaan konservasi panda ,serta mendukung upaya pemerintah China untuk melestarikan spesies.

Karena kehilangan habitat merupakan ancaman paling serius terhadap panda, membangun cadangan baru dan memperluas cadangan yang ada sangat penting bagi kelangsungan hidupnya.

Setelah peningkatan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir, Cina kini memiliki jaringan 67 cadangan panda, yang melindungi lebih dari 66% panda raksasa di alam liar dan hampir 54% habitat yang ada.

Pegunungan Minshan


Gunung-gunung membentuk penghalang alami antara provinsi selatan dan timur dengan penduduk terpadat di Cina dan padang gurun besar di Dataran Tinggi Tibet, tertinggi dan terbesar di dunia.

Menyebar melalui provinsi Sichuan dan Gansu, pegunungan Minshan mengalir di sepanjang utara dataran Sichuan Besar dan di sebelah timur Dataran Tinggi Tibet, dan merupakan bagian dari salah satu daerah aliran sungai terpenting di Tiongkok.

Disana juga menjadi rumah bagi ratusan panda eilayah provinsi Ping Wu county yang memiliki kepadatan tertinggi panda liar di dunia.

Namun hutan yang megah di pegunungan Minshan adalah habitat kritis tidak hanya untuk panda  tetapi juga untuk kekayaan spesies lain, termasuk domba biru kerdil dan burung pegar yang memiliki warna-warna yang indah.

Pegunungan Qinling


Gunung-gunung Qinling adalah bagian dari daerah aliran sungai yang paling kritis di Cina, yang menyalurkan air didua sungai besar negara itu, Yangtze dan The Yellow.

Terletak di Provinsi Shaanxi, pegunungan Qinling membentuk tembok alami antara utara dan selatan China, melindungi wilayah selatan dari cuaca yang dingin.

Dan hujan hangat di lereng selatan mendukung berbagai tumbuhan dan hewan. Bersama dengan beberapa ratus panda, pegunungan ini juga menjadi rumah bagi spesies yang terancam punah lainnya, termasuk monyet emas, takin dan ibis jambul.

Selain kaya akan sumber daya alam, pegunungan juga menjadi kebanggaan bagi sejarah manusia  sejak ribuan tahun silam.

Habitat Panda Di Dunia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sur

0 comments:

Post a Comment